Selasa, 09 November 2010

Beberapa Pengertian yang Berkaitan Erat dengan Etika Berprofesi

Whistle Blowing
Merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang yang memutuskan untuk melapor kepada media, kekuasaan internal atau eksternal tentang hal-hal ilegal dan tidak etis yang terjadi di lingkungan kerja.Whistle bowing dibedakan menjadi 2 yaitu whistle blowing internal dan whistle blowing eksternal. Contoh Whistle blowing seperti seorang karyawan yang ingin melaporkan hal-hal yang tidak sesuai. Whistle internal terjadi ketika seorang karyawan mengetahui kecurangan yang dilakukan karyawan kemudian melaporkan kecurangan tersebut kepada atasannya. Whistle blowing eksternal terjadi ketika seorang karyawan mengetahui kecurangan yang dilakukan oleh perusahaan lalu membocorkannya kepada masyarakat karena kecurangan itu akan merugikan masyarakat.

Breach of Contract (Pelanggaran Kontrak)
Merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan - kesepakatan di dalam kontrak atau pelanggaran terhadap suatu perjanjian yang telah disetujui sebelumnya. Kontrak pasti akan berisikan keputusan atau kesepakatan yang mengikat pihak-pihak yang terkait dalam kontrak tersebut. Apabila ada salah satu pihak yang melanggar klausa tersebut, maka dinyatakan pihak tersebut melakukan breach of contract.

Bribery
Bisa dikatakan juga adalah suap, suatu bentuk korupsi, suatu tindakan dengan memberikan sejumlah uang atau barang atau perjanjian khusus kepada seseorang yang mempunyai otoritas atau yang dipercaya yang akan mengubah perilaku penerima.

Worm
Merupakan sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem
komputer dan worm ini dapat dikatakan juga sebagai virus. Worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka sehingga sistem dapat dimasuki dengan mudahnya.

Trojan Horse adalah sebuah nama dari Virus yang sudah banyak merugikan orang banyak, yang perlu digaris bawahi adalah tujuan dari trojan ini sendiri. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), danmengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Ingress filtering
Merupakan cara untuk mengatasi masalah serangan anonim dengan menghilangkan kemampuan untuk menutupi/mengganti alamat sumber serangan. Maksudnya disini adalah membatasi sumber - sumber yang ilegal yang memungkinkan dapat menimbulkan hal - hal yang buruk.

Egress Filtering
Merupakan cara yang digunakan untuk mengontrol traffic yang keluar dari jaringan yang kita pakai. Maksudnya disini adalah mengontrol atau membatasi(memblokir) segala informasi yang akan diberikan kepada pihak luar, hal ini dapat membantu  mengurangi kesalahan - kesalahan yang terjadi diluar.

Phishing
Merupakan suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan

Scamming
berita elekronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scamming yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.

Roving tap
Sebuah ketentuan penyadapan yang memungkinkan penyelidik pemerintah untuk mencegat semua jaringan tersangka atau elektronik komunikasi berkaitan dengan transaksi di bawah penyelidikan, terlepas dari lokasi tersangka ketika berkomunikasi.

The Communications Assistance for Law Enforcement Act (CALEA)
Merupakan suatu standard yang di tetapkan oleh U.S Congress untuk setiap provider communication, sehingga Pihak Berwajib dapat menyadap atau meng-audit semua lalu-lintas data, baik berupa voice atau data digital. Calea ini ditanamkan dimikrotik dengan tujuan untuk masalah keamanan data internet.

Slander
Pencemaran nama baik atau bisa dikatakan fitnah yang biasanya berbentuk lisan atau perkataan yang berusaha mencemarkan nama baik

Libel
Pencemaran nama baik (untuk ditulis, disiarkan, atau menerbitkan kata-kata) merupakan komunikasi pernyataan yang membuat klaim, tersurat maupun tersirat menyatakan akan faktual, yang mungkin memberikan individu , bisnis , produk , kelompok , pemerintah , atau bangsa citra negatif.

Obscene Speech
Larangan penyiaran sesuatu yang berbau porno dan cabul.

Defamation
Bisa disebut juga fitnah, pencemaran, dan pencemaran nama baik (untuk ditulis, disiarkan, atau menerbitkan kata-kata) adalah komunikasi pernyataan yang membuat klaim, tersurat maupun tersirat menyatakan akan faktual, yang mungkin memberikan individu , bisnis , produk , kelompok , pemerintah , atau bangsa citra negatif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar